Minggu, 28 November 2010

kasih

Menurut kamus besar indonesia kasih adalah persaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka terhadap seseorang. Kasih memiliki berbagai macam bentuk, bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan yang di sayangi.

Makna lain dari kasih adalah sebuah kata yang indah untuk dikatakan kasih itu berada di hati setiap insan kata-kata kasih yang lahir di sanubari itu biasanya merupakan kata-kata yang indah yang secara spontan keluar dari otaknya.Kasih adalah suatu perasaan, tetapi kasih ini beda dengan CINTA, kasih lebih bersifat belas kasihan.

Kasih tidak memandang siapapun,kasih juga tidak bisa di bayar dengan apapun,kasih dapat di rasa dan kasih dapat memberikan siapapun berupa kedamaian, dan keindahan bagi setiap orang yang merasakan kasih sejati yang tulus dan kasih yang sempurna.

Kasih sayang, dan cinta merupakan milik semua orang. Manifestasi dari kasih sayang dan cinta dapat menciptakan lingkungan yang tentram. Karena setiap individu menyadari makna yang paling hakiki dari rasa kasih sayang dan cinta. Dengan kasih sayang kita akan selalu menghargai karya orang lain.
Dengan kasih kita selalu menjaga lingkungan yang harmonis. Lingkungan yang harmonis berarti lingkungan yang berimbang dan jauh dari perusakan. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, yang berwujud bentuk seni. Bentuk seni dapat berbentuk seni rupa, seni pahat, seni sastra, seni suara. Pemujaan merupakan perwujudan cinta manusia kepada Tuhan. Kecintaan kepada Tuhan ini oleh manusia di antaranya diwujudkan dalam bentuk-bentuk pemujaan atau yang lebih kita kenal sebagai tempat beribadah.

Kasih sayang pasti di alami oleh setiap umat manusia karena kasih sayang merupakan bagian hidup manusia, karena sejak lahir manusia pun sudah mengenal yang namanya kasih sayang. Sejak lahir seorang anak pasti mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya meskipun ada yang sebagian besar di telantarkan namun posti ada yang memberikan kasih sayang sehingga dia bisa tumbuh menjadi dewasa ya walaupun bukan dari orang tua aslinya.

Dalam kasih sayang ini sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran, maka terancamlah kebahagiaan rumah tangga.

Prasetya, joko, tri, Drs. 2009. Ilmu budaya dasar. Jakarta: rineka cipta.
http://www.sellysilvana.web.id/index.php?option=com_content&view=article&id=55:pengertian-kasih&catid=35:wayan
http://irfanoktaviandy.multiply.com/journal/item/15/PENGERTIAN_KASIH_SAYANG_CINTA_KEMESRAAN_DAN_PEMUJAAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar